TRAVEL

KLIA ke Ipoh Naik Bus, Begini Toh Prosesnya..

enjoy this music while you guys reading 🙂

Ohalloooooo Gengs, akhirnya setelah sekian lama gue ga update cerita perjalanan gue yang baru, kali ini akhirnya gue punya pengalaman yang pengen gue ceritain ke kalian. Jadi, belum lama ini gue baru balik traveling ke negeri Jiran alias Malaysia.
Perjalanan gue kemarin ini selama 6 hari 5 malam. Selama dua hari di Ipoh dan sisanya gue di Kuala Lumpur. Ini memang bukan pertama kali gue ke Malaysia, tapi karna gue sekarang punya blog untuk sharing. So, i will tell you these!  

Soekarno Hatta- KLIA

Hari pertama… pukul 3 pagi gue berangkat menuju bandara Soekarno Hatta. Karena, flight gue pagi jam 5.35 pagi ya mau gamau dah gue berangkat segitu paginya hahah. Kebetulan maskapai gue kala itu adalah Malindo, berarti gue masuk melalui terminal 2D. Setibanya gue di terminal 2D, gue masuk untuk check in. Eh, tau taunya sekarang masuknya melalui pintu 4. Walhasil, gue masuk dari gate 4 untuk check in. After itu gue harus antri untuk pasport checked di bagian imigrasi. Eee, gausah sedih karena gue udah pake e-passport, jadinya gue ga repot-repot antri. Ada autogate yang memudahkan kita ga perlu makan waktu lama-lama untuk antri. Caranya gampang banget lagi, cuma kalian tempel aja cover pasport kalian yang ada bagian foto dan nomer pasport kalian, setelah mesinnya nge-scanning kalian bisa lewatin gatenya dan jangan lupa untuk nempelin jari kalian juga untuk scanning sidik jari kita. Simple banget deh…

ini gambar petunjuk menuju pintu 4 nya (photo taken by the Author)

Oke, karena flight callingnya masih lama, jadi gue sama nyokap gue (karena kemaren gue pergi berdua nyokap) pergi cari musholla untuk kita sholat subuh dulu. Buat kalian yang mungkin belum pernah ke Terminal 2D, jangan khawatir kalau cari musholla di bandara ini. Karena, mushollanya ada di pojok banget. Tepatnya dekat dengan Lounge bar yang ada di bandara Soetta Terminal 2D. Kalau ditanya masalah kebersihan dan kenyamanan mushollanya jangan diraguin lagilah, udah sangat bersih dan nyaman! 

Ini tampak depan musholla di Terminal 2D ya (photo taken by the Author)

KLIA-KLIA 2 dan Ipoh

Gak lama setelah gue sholat, ternyata udah ada panggilan nih untuk boardKualaLumpur 3ing dan masuk ke dalam pesawat. Kurang lebih pukul 5.40 an gue akhirnya terbang menuju Malaysia dan tiba pukul 7.20 waktu Malaysia. Nah, kalau kalian pergi ke Malaysia dan naik maskapai Malindo, kalian pasti bakal turun di KLIA bukan KLIA 2. Karena, memang maskapai lion group pada nangkringnya di KLIA kalau di Malaysia. Sejujurnya gue kurang suka kalo harus turun di KLIA, kenapa? karena kalau mau ambil bagasi bedeeeeeeeeeeeeuuuh jauhnyaaaa. Jadi, harus naik shuttle bus dulu menuju KLIA yang bagian pengambilan bagasi. Gak cuma itu, kalian pun harus turun tangga atau eskalator untuk menuju Imigrasi dan pengambilan bagasi (karna satu arah).

lokasi untuk turunnya gak jauh dari area Aerotrain ya Gengs (photo taken by the Author)
.................................................................................................................................................

Tapi Gengs, setelah kalian turun menuju lokasi Imigrasi dan pengambilan bagasi, di kanan perjalanan kalian akan ada sederet konter-konter provider yang bisa kalian pilih sebagai provider selama kalian liburan. Karena, beli kartu provider ini termasuk salah satu hal utama yang wajib gue lakuin saat tiba di bandara KLIA. Nah, untuk pemilihan kartu provider ini gue sih saranin pake kartu U mobile. Karna, sepengalaman gue provider ini gak pernah mengecewakan sih. 

Ini tampilan kartunya (photo taken by the author)
Ini mba-mba yang jaga konternya, orangnya asik bener dah dan terpenting sangat informatif sih hahah

Setelah kalian udah beli provider ini, kalian bisa menuju ke Imigrasi dan mengambil bagasi kalian. Nah, gue karna waktu itu kangen bangeeeeet mau makan Subway. Mau gak mau gue kudu ke KLIA 2 karena Subway cuma ada di KLIA 2, gak ada di KLIA (hiks). So, gue ke KLIA 2 naik free shuttle bus. Untuk menuju ke area free shuttle bus gue harus turun ke lantai 1 lewat lift yang tersedia gak jauh dari lokasi pengambilan bagasi.

Kalau kalian nemu petunjuk ini, berarti kalian ada ditempat yang tepat untuk turun menuju free shuttle bus (photo by the Author)

Kalau kalian udah di lantai 1, kalian bisa langsung belok kiri dan menuju pintu 4 yang paling ujung. Karena, area free shuttle busnya ada di depan pintu 4 itu Gengs. 

Tepat di depan pintu 4 ini, area free shuttle busnya ya (photo taken by the Author)
Nah ini area menunggu free shuttle busnya tiba Gengs (photo taken by the Author)
kurang lebih ini isi free shuttle busnya, bersih dan nyaman (photo by the Author)

Menuju KLIA 2 dari KLIA naik free shuttle bus ini kurang lebih menempuh waktu 5-6 menit lah. Sesampainya gue di KLIA 2, gue langsung beli tiket bus untuk menuju Ipoh. Kaunter bus-nya juga gampang banget, ada di lokasi kalian turun dari free shuttle bus itu kok. Ada sederetan aneka bus yang ada di kaunter itu. Tapi, gue biasanya naik bus Star Shuttle, Yoyo atau Plusliner untuk pergi ke Ipoh. Karena, sepengalaman gue selama ini sih bus-bus tersebut yang paling aman dan nyaman. Saat itu gue pilih naik bus Yoyo dengan tujuan Ipoh (aman jaya). Harga satu tiketnya 45 ringgit (sekitar 157 ribu rupiah) dan untuk ke Ipoh ini memakan waktu 4 jam kurang lebih. Nah, sebenernya kalau kalian mau naik bus dari KLIA juga bisa banget. Ada kaunter bus yang tersedia di lantai bawah, tempat bus-bus antar kota gitu deh. Ciri-cirinya lokasinya ada rumah makan semacam kantin gitu, kalo gak salah disebutnya Kedai Mamak sama orang sekitar. Kalau kalian kesana, sempetin makan roti Canainya Gengs, enak lhooo 😀

Bentuk tiket karcisnya ya (photo taken by the Author)

Nanti saat kalian masuk bus, kalian bakalan dapet welcome drink lho. Tapi, jangan ngarep dapet Coke atau semacemnya ya, kalian bakal dapet aqua gitu sebagai welcome drink hheheh (kan mayan). Selama perjalanan, kalian bakal dimanjain sama view bukit-bukit tinggi gitu, super indaaah menurut gue. Selain itu sistem bus di Malaysia ini termasuk yang “well” menurut gue, kenapa? Karena setiap 2 jam mereka bakal turun ke rest area terdekat dan kasih waktu para penumpang yang mau ke toilet. Waktunya 10 menit setelah si driver announce kalau penumpang diperbolehkan turun untuk pergi ke tandas. Eh iya, kalau naik bus di Malaysia kalian dilarang makan atau bawa makan di dalam bus lho. Hmmm, ya mayan ditahan yak kalo laper haha.

ini gambar wujud bus Yoyo ya (source by google)

Well, kalau kalian ke Ipoh ini pasti turunnya di terminal bis Aman Jaya. Di terminal ini juga berdekatan sama MyDin swalayan, jadi kalau kalian mau belanja juga bs mampir ke MyDin itu Gengs. Dari terminal Aman Jaya ini kalian bisa naik Grab atau Taksi menuju tempat tujuan kalian. 
FYI, Ipoh ini semacam kota Bogornya Malaysia gitu Gengs. Kecil tapi nyamaaaan bener dan kalau kalian ke Ipoh jangan lupa mampir ke kotanya ya. Karena, banyaaaaak banget kuliner dan tempat wisata yang bs di explore kalau ke sana. Selebihnya kita bahas di blog post gue selanjutnya yaaa….

Well, Gengs… semoga cerita pengalaman gue ini membantu kalian yang lagi travelin atau mau traveling ke Malaysia, khususnya ke Ipoh. Kalau ada pengalaman kalian juga bs share di kolom komen di bawah ini yaaaa ^^

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *