BEAUTY

SPF dan SPF PA +++, Apa Sih Bedanya?

Ladies, kalian pasti gak asing dengan istilah SPF pada sebuah produk kecantikan kan. Biasanya label SPF ini sering kita temui pada produk kecantikan seperti sunscreen ataupun face powder (bedak muka). Nah, udah pada tau belum apa sih yang dimaksud dengan SPF itu sendiri? Kan tak kenal maka tak sayang nih, jadi mari kita bahas lebih dalam apa itu SPF biar sayang *eh…

SPF

Secara pengertiannya SPF itu adalah Sun Protect Factor, yang artinya adalah faktor pelindung matahari (aelah dibalik doang haha). Oke, apa kalian pernah liat atau denger di suatu produk mengklaim bahwa mereka memiliki SPF 50, SPF 29 atau SPF 40? Nah, jadi yang dimaksud dengan SPF 29 atau berapapun angkanya, itu menunjukkan sunscreen yang kita gunakan ini mencapai angka tersebut untuk memberikan perlindungan dari sunburn alias (terbakar dari sinar matahari).  Jadi penjelasan lebih lanjut, simak gambar di bawah ini ya …

Image result for spf

(photo source by google image) 

Dari gambar di atas ini salah satu penjelasan dimana indikator angka tersebut memiliki kekuatannya masing-masing. Nah, kalau semakin tinggi angka SPF yang diklaim dalam sebuah produk, semakin tinggi tingkat perlindungannya. Seperti gambar di atas, semisal SPF nya hanya sekitar 5-15 aja, ada kemungkinan besar akan mengalami sunburn pada kulit dan membuat kulit jadi menggelap atau tanned. Begitu juga sebaliknya gengs, jadi udah paham kan? Tapi, perlu kalian ketahui kalau semakin tinggi SPF yang kita pakai gak menjamin juga kulit kita gak mengalami sunburn lho. Kenapa? Karena, pada pagi hari intensitas UV (Ultra Violet) yang dipancarkan sinar matahari itu lebih rendah daripada siang hari. Itu sebabnya kenapa SPF bukan merujuk pada waktunya, tapi justru pada intensitas radiasi UV yang bisa “ditahan” oleh sunscreen yang kita pakai gitu. Dan hal yang perlu kalian tahu kalau sebuah produk mengklaim produknya hanya dengan tulisan SPF 50 atau berapapun itu angkanya, tandanya produk itu hanya concern pada perlindungan dari sinar UVB aja. Terus UVA nya engga? Tenang kita bahas lebih lanjut lagi di bawah ini…

SPF PA +++

Gak jauh berbeda dengan dengan pengertian SPF, SPF PA +++ ini sama halnya juga sebagai faktor pelindung matahari. Yang beda hanya kelebihan dari manfaatnya aja, SPF PA +++ ini punya kegunaan yang sama yaitu melindungi kulit dari radiasi sinar UV. Tapi gak cuma sinar UVB melainkan UVA juga. Apa bedanya UVA dan UVB? Simak gambarnya di bawah ini ya…

Image result for spf

Jadi yang dimaksud dari UVB adalah Ultra Violet yang menyerang lapisan luar pada kulit. Sedangkan, UVA adalah sinar Ultra Violet yang menyerang lapisan dermis pada kulit gitu, Giiiirls (correct me if i’m wrong heheh). Udah paham kan? Pada dasarnya kulit kita ini membutuhkan perlindungan dari UVA juga, gak cuma UVB aja. Meski gak bikin rasa sakit seperti sunburn yang diakibatkan radiasi UVB, justru kulit kalau gak dilindungi dari radiasi UVA juga bisa menyebabkan kanker kulit lho, Gak mau kan? Nah, makannya adanya SPF PA +++ ini sebagai label yang mengintegrasikan sebuah produk yang sekaligus melindungi kulit gak cuma dari UVB aja tapi juga dari radiasi UVA gitu. Jadi kesimpulannya kalau ada produk yang menggunakan label SPF PA +++, tandanya produk ini melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB, begituuuuuuuuuuuu….! Dan semakin banyak tanda + yang ada pada produk tersebut berarti semakin tinggi tingkat perlindungannya dari radiasi UVA.  Btw, gambar di bawah ini juga akan membantu kalian untuk mengetahui baiknya berapa angka SPF yang dibutuhin sesuai jenis kulit kalian, begitu juga berapa lama ketahanan SPF tersebut membantu melindungi kulit kalian dari sunburn dan juga sinar UVB. Simak gambarnya di bawah ini yaa…

Image result for spf

(Photo source by google image)

 

Jadi gimana girls? udah pada tahu kan sekarang tentang istilah SPF atau SPF PA +++ pada produk kecantikan kalian kan? Semoga bermanfaat ya Guys 😀

 

IMG_5319

 

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *