COOLINARY

Ini Empat Deretan Makanan Khas yang Wajib Kalian Coba Kalau ke Surabaya!

Hai everyoooooooooooooooneeee…

Long time no writing ini sih namanya, maafin banget lho kalau udah lama gak update postingan di blog. Karna ada gangguan teknis jadinya vakum nulis dulu gitu hahah

Oke, kali ini gue mau sharing sekaligus memperkenalkan ke kalian makanan-makanan khas dan juga jajanan yang ada di Surabaya. Jadi, belum lama ini gue pulang lagi ke Surabaya dan “reunian” lagi sama makanan-makanan khas Surabaya. Sebelum gue panjang lebar jelasin tentang makanan apa aja, gue bakal kasih tau dulu nama-nama makanannya nih Gengs. Yang pertama, Tahu Campur, Pecel Pincuk, Lontong Kupang, Tauwa dan Lekker. Kalau penasaran sama wujud dan info lengkapnya, cusss baca penjelasannya di bawah ini ya Gengs………….

 

  1. Tahu Campur 

                                                                                           Photo taken by the Author

Kalau kalian ke Surabaya, makanan ini salah satunya yang wajib kalian coba. Tahu Campur ini bisa kalian temui dengan mudah kok kalau ke Surabaya, karena makanan ini emang banyak di jual disana. Nah, isi Tahu Campur sendiri macem-macem salah satunya ada kikil, tahu, sayuran, mie kuning, lentho (ubi) dan kuah petis gitu. Harganya berkisaran 12-15 ribu per porsinya ( itu di luar minum plus kalo kalian nambah ya hahah). Nah, ini wujud dari Tahu Campurnyaa….

  Photo taken by the Author

2.  Pecel Pincuk

Di Surabaya emang gak perlu khawatir kalau masalah makanan mah. Dimana-mana rasanya makanan tuh macem-macem banget dah. Salah satunya kalau kalian nyari makanan buat sarapan, ada Pecel Pincuk namanya. FYI, kalau di Surabaya jangan salah ngartiin kata Pecel, soalnya kalau di Surabaya kalian maunya Pecel yang isinya nasi pake ayam atau lele kalian malah bakalan zonk hahhaa. Pecel di Surabaya itu makanan yang isinya sayur-sayuran yang dibumbui bumbu kacang gitu lho. Nah, kalau Pincuk itu apa sih? pengertian Pincuk itu sendiri sebenernya daun pisang yang disematin lidi gitu. Intinya, makanan itu dibungkus pake daun pisan gitu lah kurang lebih ceunah hahah. Jadi, Pecel Pincuk itu ya sayur-sayuran yang dibumbui bumbu kacang dan dibungkus daun pisang gitu. Bhaiiik… di Surabaya Pecel Pincuk ini gampang banget ditemuinya kalau pagi hari, biasanya dijual sama lauk-lauk kayak paru goreng, telur balado atau ayam goreng gitu deh. Selain lauk itu, khas dari Pecel ini kerupuknya pasti pakai Peyek kacang atau Peyek Teri. Dijualnya kalau gak di dalam mobil, di warung dan    malah ada ibu-ibu yang suka lewat dari perumahan ke perumahan gitu. Dan seporsinya kalau kalian pesen cuma Pecelnya doang gak pake lauk cuma 7 ribu aja lho Gengs. Nah, kalau nambah lauk ya tergantung lauknya apa duluu. Kurang lebih harganya berkisar dari 11-18 ribu per porsinya dan itu udah sama minumnya. Mursidah kaaan?

 

                                                                                          Photo source by the Author

Di bawah ini penampakan Pecel Pincuknya yaa….

     Photo source by the Author

3.  Lontong Kupang

Makanan satu ini asalnya dari kota Kupang tapi, banyak banget di jual di Surabaya. Salah satunya yang enak ada di daerah sebrang Apartement Metropilitan namanya Lontong Kupang Bu Wito. Tapi, kalau kalian mau makan kesana jangan lebih dari jam 2 siang, soalnya dijamin gak kebagian kalau kalian baru dateng jam segitu alias ludes beeeeb. Nah, kalau kalian bingung sebenernya Lontong Kupang itu apa. Jadi gini, Lontong Kupang itu makanan yang isinya ada kerang kecil-kecil seukuran biji beras gitu. Selain itu, ada lontong, lentho, kuah petis dan biasanya disajiinnya pake sate kerang. Super wajib makan Sate Kerangnya cuy, harganya cuma 1000 an dan uenaaaaaaaaak! Makan Lontong Kupang ini biasanya minumannya cuma tersedia Es Degan atau Es Kelapa gitu, beuuuuh kebayang kan segernya. Seporsi Lontong Kupang ini cuma 10 ribu lho, gildaaa mursidaa de bamba beeeeb! Udah murah seger pula…

Photo taken by the Author

Lontong Kupang wujudnya kayak di bawah ini Gengs….

Photo taken by the Author

4. Tauwa

Okeh, beranjak dari makanan berat sekarang gue mau kenalin yang namanya Tauwa atau yang biasa di Jakarta ini dikenal sama Kembang Tahu. Eh, tapi jangan salah kalau Tauwa ini beda sama Kembang Tahu. Selain isinya lebih bervarian, Tauwa ini cuma bisa ditemuin kalau kalian ke Surabaya doang. Tauwa sendiri aslinya kepanjangan dari Tahu dan Kacang Koa. Kuahnya pake kuah Jahe yang asli dah kalau kalian makan Tauwa ini pas lagi cuaca dingin, wah bikin anget di badan deh. Biasanya Tauwa ini dijual keliling pake motor gitu, tapi kalau kalian ke Surabaya bisa kalian temui di daerah Merr gitu deh. Harganya seporsi cuma 6 ribu aja lho. Nih dia penampakannya …..

 

Photo taken by the Author

    photo source by Google

 

4. Lekker

Kalau jajan yang satu ini kalian mah udah pasti tau ya. Gak cuma di Surabaya gue rasa di Jakarta juga ada siiih, tapi gak segampang ditemuin kayak di Surabaya. Jajanan ini terbuat dari tepung dan topping di dalamnya ada pisang, coklat, keju juga gula pasir. Gue juga penasaran kenapa namanya disebut Lekker. Anyway, jajanan ini gue suka banget emang selain harganya cuma seribuan, rasanya krenyes krenyes enak gitu kaaan. Well, buat kalian yang mau tahu gimana bentuknya, atau yang udah tahu jadi kangen rasanya. Ini dia wujud dari kue Lekker yang rasanya kacauuuuu enaknya….

 

                                                                                           Photo taken by the Author

                                                                                               Photo taken by the Author

                                                                                                 Photo source by the Google

Well, empat deretan makanan khas Jawa Timur di atas emang kalian kudu coba deh kalau ke Surabaya! Ya minimal cobain Lontong Kupang, kan sayang nih kalau ke Surabaya malah kulinernya taunya cuma yang hits-hits aja hahahah

 

Happy reading ya Gengs, i hope you guys enjoy read this content.

Kalau kalian ada yang pernah cobain atau kepo rekomendasi tempat yang enak buat cobainnya, boleh komen di bawah ini yaaaa 😀

 

IMG_5319

One Comment

  • Mustafaa

    I enjoyed when reading this blog, soo much new dishes and foods i just came to know, after reading it, i can conclude that Indonesia is a Paradise of Foods, the real experience and enjoyment comes when someone visits here😀✌️😋. Perfect blog to be read before meal, its an appetizer🤣.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *