TRAVEL

Pura Uluwatu, Lokasi Terbaik Menikmati Sunset di Bali

Belum jauh dari cerita gue sebelumnya tentang menjelajahi Bali dan sekitarnya. Kali ini gue masih cerita tentang Bali yang memang gak ada habisnya. Indahnya pantai, makanan yang beragam dan kentalnya budaya Bali selalu berhasil bikin siapapun yang pernah kesana untuk cepat kembali lagi. Jujur aja ini kali ketiga gue menginjak Pulau Bali selama gue hidup jadi manusia di Indonesia ini hahah . Pertama kali gue ke Bali, waktu itu masih bau kencur alias masih kecil bener, yaaa jadinya gak banyak tahu menahu tentang Bali dan sekitarnya.

Di kesempatan ketiga ini, gue mencoba meng-explore tempat baru. Ya walaupun sebenernya tempat ini pasti udah banyak orang kunjungi. Tapi, kali ini gue mau sharing kesan gue saat mengunjungi Pura Uluwatu di Pulau Bali. Barangkali di luar sana masih ada diantara kalian yang belom pernah punya kesempatan buat menikmati kota Bali. Semoga aja kan cerita gue kali ini bikin kalian segera ke Bali gituuh.

Well, menuju ke Uluwatu dari lokasi penginapan gue kala itu (di daerah Sanur) cukup menempuh jarak dan waktu yang agak lama menurut gue (yaa.. sekitar 1 jam lah, gak tau biasanya segini lamanya atau karna macet saat itu jadinya 1 jam lamanya). Singkat cerita, sesampainya di Pura Uluwatu kalian harus beli tiket untuk masuk ke dalamnya. Harga tiket masuk Pura Uluwatu saat itu berkisar Rp 20.000/ org  (dewasa) untuk wisatawan domestik. Sedangkan untuk wisatawan asing berkisar sekitar Rp 30.000/org (dewasa) nya. Untuk masuk ke dalam Pura Uluwatu pun juga ada aturannya. Kalau kalian menggunakan celana pendek, kalian wajib pakai kain/sarung yang udah disediain di deket loket pembelian tiket.

Sepanjang jalan masuk ke dalam Pura Uluwatu ini jangan kaget kalau kalian melihat banyak monyet di kanan atau kiri jalan kalian. Makannya sebelum masuk ke dalam Pura, ada aturan yang mana kalian gak boleh pakai topi atau kacamata kalau lewat jalan itu, tapi kalau udah masuk deket lokasi nonton tari kecak sih kalian udah bisa pakai topi sama kacamatanya. Takutnya si monyet nyomot kacamata kalian gitu hahaha. Berkunjung ke Pura Uluwatu ini banyak spot yang bisa kalian coba, entah itu untuk sekedar foto-foto atau kalian bener-bener pengen menikmati keindahannya. Salah satunya spot di bawah ini, selalu ramai dikunjungi pengunjungya.

DSCF7909.JPG
taken by Sofia

Pulau Bali ini emang terkenal dengan wisata seribu Pura. Tapi, gak afdol rasanya kalau kalian ke Bali gak menikmati Sunset di Pura Uluwatu ini. Kenapa?? secara geografis (azeeg) Pura Uluwatu ini berlokasi di ujung barat daya Pulau Bali, ditambah lokasi Pura Uluwatu ini ada diatas tebing. Jadi udah dipastikan di tempat ini kalian bisa menikmati sunset secara gamblang. Gak cuma itu, kalian juga bakal disuguhi tarian tradisional khas Bali lho. Apalagi kalau bukan tari Kecak namanya. Tapi, untuk menikmati tarian khas Bali di Pura Uluwatu ini ternyata gak segampang itu. Karena, gak cuma kalian yang mau nikmati sunset ditemani tari kecak. Jadi, kalian kudu banget ngantri di loket khusus tiket nonton tari Kecak, dan harganya saat itu lumayan mahal menurut gue. Karena, per orang kalian dikenakan biaya sebesar Rp 80.000 dan loket tiket ini baru dibuka pukul 5 sore, sebelum loket dibuka aja orang-orang udah pada ngantri. Jadi emang wajib banget cepet-cepetan sih. Tapi, kalo kalian orang yang gak mau ribet, ada juga web yang menyediakan jasa untuk tiket online nonton tari Kecak di Pura Uluwatu. Harganya justru lebih murah, tapi ya gitu kudu pinter cari yang trusted sih. Nanti si penjual bakal kasih kalian tiket dalam bentuk voucher online yang bisa dituker di loketnya gitu sih setau gue.

Oke, kalau tiket udah di tangan, kalian bisa masuk dan pilih tempat duduk sebebasnya. Kalau saran gue sih, pilih yang di tengah biar dapet banget viewnya. Tapi, jangan lupa bawa topi sama kacamata, karena bakal silau banget cuy.  Nah, potret di bawah ini, salah satu potret sebelum tari kecak dan sunset segera dimulai..

IMG_7017.jpg
taken by Sofia

Nonton tari Kecak ini gak cuma sekedar dinikmati aja menurut gue. Rasanya banyak pelajaran yang tadinya gak tahu jadi tahu setelah nonton tari Kecak ini. Setiap adegan tari Kecak ini punya makna dari cerita tentang Rama dan Shinta. Yang kalau kalian tahu gimana ceritanya, bakalan waw bangetlah. Tapi tenang sebelum pertunjukan dimulai kalian bakalan dapet selembaran kertas yang di dalamnya menceritakan makna dari adegan-adegannya. Yaaa.. itung-itung belajar seni budaya langsung dari Bali haha. Btw, kalau pertunjukannya udah selesai kalian dipersilahkan juga lho kalau mau selfie sama pemain-pemainnya. Daaan… ini dia nikmat Tuhan yang gak bisa kau dustakan untuk kesekian kalinya lagi. Potret di bawah ini kurang lebih saat tari Kecak dimulai dan matahari perlahan berpamitan..

Indah banget gak tuh? Mungkin kalau dilihat dari foto bakalan B aja, tapi kalau kalian coba langsung sensasinya pasti rasanya kalau bisa diulang ya maunya diulang lagi. Jadi, sekali lagi gue merekomendasikan kalian untuk wajib coba ke tempat wisata ini. Jangan cuma coba tempat instagramable aja gitu Cuy haha. Karena kalau kalian sadar, sungguh lho kita bangga sebagai warga Indonesia yang punya beragam budaya dan wisata-wisata indah di dalamnya. Well, i’m so proud to be Indonesian lah pokoknya. Jadi, pastikan berkunjung ke Pura Uluwatu jadi salah satu destinasi wisata kalian ya kalau ke Bali…

So, happy reading guys! and see you on my next story …

 

IMG_5319

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *