COOLINARY

Jangan Coba-Coba Kuliner Khas Jawa Timur Ini Kalau Gak Mau Ketagihan

Kota Surabaya memang di kenal dengan kota Pahlawan. Tapi, siapa sangka di Surabaya ternyata punya kuliner-kuliner yang rasanya emang bikin susah lupa. Pulang ke Surabaya rasanya rugi kalau gue gak mampir ke kuliner-kuliner yang bakal gue sharing ke kalian ini. Karena gue emang suka kuliner yang kaki lima tapi rasa macem bintang lima (et dah gaya bet). Ini dia deretan kuliner-kuliner yang super enak ala gue.

Oke, first let me introduce you the Sate Klopo. Apa itu Sate Klopo? Sate Klopo itu bahasa jawa dari Sate Kelapa. Satenya dari kelapa gitu? Bukaaan! Jadi, sate ini sate yang dibakar menggunakan serbuk parutan kelapa yang udah dibumbui gitu. Berlokasi di Jalan Blauran, Sate Klopo ini  emang jadi favorit gue sepanjang gue mencoba Sate Klopo di Surabaya. Lokasinya yang gak jauh dari  Mall BG Junction, Sate Klopo ini gampang ditemui karena satu-satunya kaki lima yang jual Sate Klopo di jalan tersebut. Sate Klopo di Surabaya memang gak cuma di jual di jalan Blauran aja. Ada juga Sate Klopo Ondo Mohen namanya. Tapi, untuk rasa gue bisa kasih 4,8 dari 5 bintang si Sate Klopo Warung Tenda Biru ini ketimbang Sate Klopo Ondo Mohen. Dijual dengan harga berkisar 25 ribu per 10 tusuknya dan 35 ribu per porsi alias udah pake nasi. Sate Klopo ini bikin kalian nagihnya gak ketulungan. Kalau kalian mau coba makan Sate Klopo ini kalian kudu banget dateng dari pagi, karena Sate Klopo ini emang banyak banget peminatnya. Bahkan, kalau kalian dateng sekitar jam 9 atau 10 aja bisa jadi kalian gak kebagian lho.

 

DSCF8159                                               taken by Sofia

Kalau kalian penasaran sama penampakannya, ya begini penampakan si Sate Klopo itu. Btw, kalian bisa request pake gajih (lemak daging) atau engganya lho.

Sate Klopo Jalan Blauran, Surabaya

Wah, kacau deh kalau ditanya gimana rasanya. Jadi, kalau kalian ke Surabaya wajib banget coba yaaa…

Lanjut ke kuliner selanjutnya, gue suggest kalian untuk coba kuliner yang satu ini. Lokasinya memang bukan di Kota Surabaya-nya, melainkan di Bangkalan, Madura. Nama tempat makanan ini adalah Gang Amboina. Berlokasi di jalan Pasarkapok Timur, Demangan, Bangkalan, Madura. Warung Gang Amboina ini menjual makanan khas Madura salah satunya Nasi Campur Madura yang jadi salah satu menu andalannya. Waaaah, gilaaaa ini sih makanan paling ter-alig yang pernah gue coba. Warung Gang Amboina ini gak punya cabang di kota manapun selain di Madura aja. Warung ini buka setiap hari dari jam 5 pagi sampe jam 5 sore. Dan harga per porsi nasi campurnya terbilang ekonomis karna harganya berkisar 20 ribuan.  Selain jual nasi campur, mereka juga menjual Rawon dan Nasi Petis yang rasanya ya Allah mau cry saking enaknya. Daan ini dia penampakan nasi campur Madura khas Warung Gang Amboina.

Nasi Campur Madura Warung Gang Amboina

Jangan lupa kalau makan nasi campur Madura di Warung Gang Amboina ini minta kuahnya agak banyakan ya. Soalnya emang ga ngerti lagi dah itu kenapa bisa seenak itu kuahnya….

 

 

all photos taken by Sofia

Kali ini gue mau ajak kalian intip kuliner asal Gresik.  Namanya Nasi Krawu, nasi ini bener-bener makanan khas yang pasti dicari-cari kalau jalan-jalan ke Kota Gresik. Nasi Krawu ini semacam nasi campur yang bedanya ada sensasi suwiran daging dan sambalnya itu lhooo sambal petisssss dooong. Makan Nasi Krawu ini pastiin kalian minta sambelnya agak banyakan ya, selain pedesnya nampol bikin makan jadi nendang banget dah. Di Kota Gresik pasti buanyak banget yang jual Nasi Krawu, tapi gue saranin kalian coba Nasi Krawu Bu Tiben ini. Punya banyak cabang di Gresik, kala itu gue coba Nasi Krawu Bu Tiben yang berlokasi di jalan K.H Abdul Karim, Trate, Gresik.

nasi-krawu
source by Google image (karna gak sempet foto makananya waktu itu hehehe )

Tempatnya memang agak kecil ya tapi, ramenya mana tahaaaaan. Semacam warteg gitu sih tempatnya dan Nasi Krawu Bu Tiben buka setiap hari dari jam 7 pagi sampe jam 2 siang aja. Kalau sebelum jam 2 udah abis, ya wasalam dah pasti gak kebagian.

 

 

Nah, gimana pada ngiler gak nih liat penampakan makanan-makanannya. Gue aja yang ngetik ikutan laper huuhuhu. Udah ah, pokoknya jangan dicoba ya kalau gak mau ketagihan.

 

Happy Reading Peeeooops!

IMG_5319

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *